Jumat, 06 Juni 2014

Laporan Pertanggung jawaban BHM SMP N 2 sragi


LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KEGIATAN
PRAKTEK BANTUAN HUKUM MASYARAKAT
PENDIDIKAN ANTI NARKOBA
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SRAGI.




FAKULTAS HUKUM

                                                              2014                

HALAMAN PENGESAHAN
1.Judul                :  Pendidikan Anti Narkoba Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sragi.
2.Ketua Kelompok
a.Nama Lengkap                                                            :
b.TTL                                                                             :          
c.Jenis Kelamin                                                              : L
d.NPM                                                                           : 01                          
e.Alamat Rumah                                                            :  Jl2 No 12  Indah
f.No. Hp                                                                        :  085767

  3.Jumlah Anggota                                                        : 5 Orang
Nama Anggota                                                              : Ru
Nama Anggota                                                              : Nunaiti
Nama Anggota                                                              : B P
Nama Anggota                                                              : S
Nama Anggota                                                              : Ara P
 
4. Lokasi Kegiatan                                                         :SMPN 2 Sragi          

                                                                                       Pekalongan,    Mei 2014

       Dosen Pembimbing Lapangan                                         KETUA TIM

      LH.                                                                 DP
      NPP.1                                                            NPM. 0411
                                                                                                       
Mengetahui
Dekan L

 M.HUM
NPP. 1199124

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………i
HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………..ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………… 1
a.         Latar Belakang…………………………………………………..…  1
b.         Perumusan Masalah……………………………                                2
c.         Tujuan Kegiatan……………………………………                          3
d.         Kegunaan Kegiatan…………………………………                                    4
BAB II GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
a.         Letak Geografis Lokasi Kegiatan……………………                       5
b.         Profil Sekolah ……………………………                                        5
BAB III METODE PELAKSANAAN KEGIATAN                                               6
BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN                                                    8
Waktu dan tempat pelaksanaan                                                          8
Tahapan atau jadwal pelaksanaan                                                       8
Intrumen Pelaksanaan                                                                         9
Realisasi Biaya Kegiatan                                                                    12
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN                                                       13
BAB VI PENUTUP                                                                                       15
Kesimpulan                                                                                         15
Saran                                                                                                   15
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Dokumentasi Kegiatan
Kuitansi
Materi
Presensi Kegiatan
Surat Tugas




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Narkotika (Singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/ Zat yang Jika dimasukkan dalam tubuh manusia, baik secara oral/ diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkotika dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintentis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Bahaya narkotika sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dan masa depan bangsa.
Dampak Narkoba, jika disalahgunakan memang sangatlah berbahaya bagi manusia. Narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan seseorang untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja hingga dewasa.
Terjadinya suatu fenomena di kalangan pelajar
Dalam observasi yang kami lakukan, kami menemukan beberapa beberapa data mengenai kasus narkoba yang terjadi di masyarakat.

Menurut data yang diperoleh, sejumlah pengguna narkoba adalah murid-murid SD. Dalam lima bulan terakhir, antara Januari sampai Mei 2008, di Jakarta Utara sudah ditangkap 30 pelajar SD yang menggunakan obat-obatan berbahaya itu.

Sejumlah orangtua murid yang ditemui di sejumlah sekolah dasar (SD) di Jakarta mengaku resah karena berita mengenai penyalahgunaan narkoba tidak pernah berhenti. "Kenyataan itu tentu meresahkan karena siapa tahu itu akan menimpa anak-anak kami juga," kata Sulistyowati, orangtua Lintang dan Dimas yang bersekolah di kelas lima dan empat SD BPSK Pisangan, Jakarta Timur, Selasa 3 Desember 2008.
Sejumlah orangtua mengaku akan lebih ketat memantau perkembangan anak-anaknya, khususnya yang mulai beranjak remaja. "Untuk mengisi waktu luang setelah sekolah dan bermain, kami undang guru privat bahasa Inggris. Di sore hari, kami juga mengundang guru mengaji. Saya sendiri sering menelepon guru dan berkonsultasi," kata Sulis, orangtua murid.
        Leonardus Paramayudha A Widarmono, kelas 1 SMP Tarakanita I Wijaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, mengatakan, sejak SD ia sudah mengetahui cukup banyak tentang upaya memerangi narkoba. "Sebab, waktu di Kelas VI SD Tarakanita I, kami sudah mendapat penyuluhan tentang narkoba yang disampaikan polisi," kata Rama, panggilan akrab pelajar yang tinggal di daerah Cinere, Jakarta Selatan, itu. Ada pula penyuluhan yang dilakukan oleh organisasi anti narkoba. Salah satu isi penyuluhan tersebut, lanjutnya, adalah memerangi narkoba dengan berpura-pura tidak tahu. "Kalau ada orang yang memberi, terima saja. Tetapi, nanti barangnya diserahkan ke polisi atau dibuang setelah tidak terlihat orang yang memberi," ucap Rama menirukan ucapan si penyuluh.

Beberapa pelajar yang ditemui mengatakan, pengetahuan mengenai narkoba mereka dapatkan sejak SD dari berbagai penyuluhan, baik oleh polisi maupun guru. Dari informasi tersebut, anak-anak kemudian menghindarinya karena hal itu sangat berbahaya. Namun, banyak pula yang justru penasaran dan ingin mencoba.
         Dan beberapa data lainnya :
        - 1 dari 5 pelajar SMA mengaku pernah ditawari narkoba dan 70% diantaranya mengaku akan menerima jika ditawari narkoba
- 5 dari 10 anak usia 12-19 tahun mengaku pernah mencoba narkoba dan 1 dari 5 yang memakai narkoba akan menjadi pecandu narkoba
- Beberapa pemakai narkoba mengakui adanya peningkatan dosis pemakaian, lebih dari 90% pecandu cenderung mengalami relaps kembali menggunakan narkoba setelah sempat bersih
Data dari BNN dan Survey dari berbagai lembaga yang menangani masalah narkoba:
- Pengguna narkoba terbesar ada di usia 15-24 tahun (BNN, 2004)
- Rata-rata 15.000 orang meninggal karena narkoba dan sebagian besar berusia dibawah 30 tahun (BNN, 2005)
- Usia mencoba narkoba terbesar ada pada usia 12-17 tahun (BNN, 2007)
- Pelajar yang perokok punya 4 kali potensi lebih lebih besr untuk menjadi pecandi dibandingkan dari yang tidak merokok (BNN, 2006)
- Dari 672 lebih pecandu yang dirawat di panti rehabilitasi menyatakan bahwa usia 13-15 tahun adalah masa yang paling kritis bagi mereka untuk memulai memakai narkoba (BNN, 2007)
- Sebanyak 1 dari 10 rumah tangga di Jakarta mengatakan pernah atau sedang mengalami masalah narkoba (Survey Rumah Tangga)
- Orang tua yang kurang memonitor kegiatan anaknya akan meningkatkan resiko anak bereksperimen dengan rokok, alcohol, dan narkoba sejak dini (Survey Faktor Proyektif, YCAB 2005)

Kami juga sempat menanyakan ke seorang pengedar mengenai harga narkoba yang biasa dijual ke pelajar-pelajar di Jakarta, berikut data yang kami peroleh :
- Inex berkisar antar 120-140 ribu
- Shabu per G antara 400ribu-1,6juta
- Ganja 30-70ribu
- Putau 50-150ribu
- Kokain berkisar 1-7 juta
Dari seluruh observasi dan tinjau lapangan yang kami lakukan, kami dapat menganalisis bahwa:
1. Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Pada masa remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Karena dari data yang dikumpulkan data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.
2. Salah satu faktor remaja terjerat narkoba yaitu keinginan untuk menonjol dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki para remaja selalu dipenuhi dengan upaya mencari cara untuk dapat meningkatkan kemampuan. Cara instan yang selalu mereka gunakan adalah mengonsumsi narkoba.
3. Lalu rasa ingin tahu yang tinggi dan mudah dipengaruhi orang juga menyebabkan remaja mudah terjebak dalam mengonsumsi narkoba. Selain itu, untuk menjaga solidaritas kelompok, agar tidak dikucilkan teman, dan suka ikut-ikutan tren pergaulan teman, tanpa disadari telah menyeret remaja ke dalam bahaya narkoba

4. Faktor lainnya adalah kesenangan remaja dalam mencari sensasi dan tantangan baru, menghilangkan rasa bosan dan stres, serta adanya keinginan memberontak terhadap keadaan.

5. Tindakan yang minim dan kurangnya penegasan dari pihak berwajib mengenai masalah ini. Salah seorang pengedar yang kami temui, dia mengaku pernah tertangkap saat sedang mengedarkan dan ditahan dipolres Jakut selama beberapa bulan. Sungguh ironi, kasus narkoba yang selalu meningkat di setiap tahunnya bahkan sudah mewabah dikalangan pelajar hanya ditanggapi enteng, padahal banyak generasi kita hancur kibat terjerumus dalam narkoba.

6. Harga narkoba yang bisa dijangkau lapisan masyarakat sangat mendukung peningkatan jumlah kasus narkoba yang semakin bertambah. Anak-anak pun dapat membelinya melalui uang yang diberikan orang tua. Sangat mudah untuk dijangkau.
Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para pemuda tertular dan menularkan HIV / AIDS di kalangan pemuda. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian
Bangsa ini akan kehilangan pemuda yang sangat banyak, akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/ AIDS. Kehilangan pemuda sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa.
Oleh karena itu kami dari The Better Life Indonesia Foundation (Yayasan Hidup Yang Lebih Baik Indonesia) mengadakan kegiatan SEMINAR ANTI NARKOBA. Kami selenggarakan guna memperbaiki moral pemuda masa kini untuk tidak mengkonsumsi narkoba agar dapat menjadi penerus bangsa yang berakhlak mulia, selain itu diselenggarakannya kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan penjelasan dan pemahaman bagi para pemuda akan bahaya narkoba, serta untuk memperkuat moral dan kepribadian yang dimiliki para pemuda.





                             
B.     Perumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan kami bahas dalam kegiatan adalah sebagai berikut :
1.  Bagaimana Pengaturan Undang-Undang Anti Narkoba Dalam Hukum Positif ?
2.  Factor Apa Sajakah Yang Menyebabkan Anak Penyalahgunaan Narkoba ?
3.  Bagaimana Upaya Pencegahan Penyalahgunaan narkoba di kalangan Siswa SMP?      
C.    Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan
a.         Meningkatan kesadaran siswa tentang bahaya Narkoba
b.         Mengurangi angka dari Narkoba yang terjadi di kalangan pemuda-pemudi dan para pelajar SMP.
         
Kegunaan Kegiatan
a.         Meningkatan kesadaran siswa tentang bahaya Narkoba
b.         Mengurangi angka dari Narkoba yang terjadi di kalangan pemuda-pemudi dan para pelajar SMP.



BAB II
GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

 A. Keadaan Fisik Sekolah
SMP Negeri 2 Sragi terletak di Jl. Raya Kalijambe Sragi  dengan luas tanah 5690 m2 Status Hak Pakai

. Beberapa ruangan yang dimiliki SMP Negeri 2 Sragi adalah sebagai berikut:
Jumlah ruang Teori : 25 kelas dengan luas 5690 m
Ukuran ruang kelas : 19 x 8 x 9 m
Data Siswa Dalam 4 Tahun Terakhir

Tahun ajaran
jumlah
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah (VII+VIII+IX
Pendaftar calon siswa baru(org)
Jmlh siswa
(org)
Jmlh rombel
(rbl)
Jmlh siswa
(org)
Jmlh rombel
(rbl)
Jmlh siswa
(org)
Jmlh rombel
(rbl)
Siswa
(org)
Rombongan belajar(rbl)
2009/2010
350
320
8
306
8
248
6
874
22
2010/2011
336
324
8
316
8
286
7
926
23
2011/2012
344
305
8
321
8
296
8
922
24
2012/2013
344
290
8
302
8
294
8
886
24
2013/2014
360
297
8
266
8
267
8
830
24

Data Ruang Kelas
Nama Ruang
Jumlah Ruang Kelas Asli (d)
Jumlah Ruang Lainya Yang digunakan Untuk Ruang Kelas
Jumlah Ruang Yang digunakan Untuk ruang Kelas f=(d+e)
Ukuran 7x9 m2
Ukuran >63 M2
Ukuran <63 M2
Jumlah d=(a+b+c)
Ruang Kelas
13
-
10
23
Jumlah:1 Ruang
24

Data Ruang  Lain

Jenis Ruangan
Jumlah
Ukuran (M2)
Jenis Ruangan
Jumlah
Ukuran (M2)
Perpusatakaan
1
7x12
Lab.Komputer
2
7x9
Lab.IPA
2
8x15
Keterampilan


Lab.Bahasa
1
7x9
Kesenian






Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha

Jumlah Pendidik /TU
Jumlah
Keterangan
Tenaga Pendidik/Guru
41 Orang

Pustakawan


Laboratorium (IPA/Bahasa/Kompurter)


Staff Tata Usaha
17 Orang


B. Keadaan lingkungan tempat sekolah  
    A. Keadaan lingkungan SMP Negeri 2 Sragi secara rinci adalah sebagai berikut :
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah  Gedung-gedung yang membatasi SMP Negeri 2 Sragi adalah Pemukiman Penduduk dan di sekitar jalan utama

Gambaran Lingkungan Sekolah
a. Tingkat Kebersihan SMP Negeri 2 Sragi mempunyai beberapa petugas kebersihan yang bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan sekolah. Baik kebersihan ruang kelapa sekolah, guru, tata usaha, kelas, laboratorium, perpustakaan, kamar mandi, serta halaman yang mengelilingi sekolah. Setiap kelas dibentuk regu piket untuk menjaga kebersihan kelas. Sekolah menyediakan tempat sampah yang diletakkan di depan ruang kelas. Tempat sampah pun dikelompokkan antara tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik. Peraturan sekolah juga mewajibkan warga sekolah menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dengan demikian, kebersihan lingkungan sekolah selalu terjaga.



b. Jalan Penghubung dengan Sekolah SMP Negeri 2 Sragi yang letaknya di tengah kota
memudahkan siapa saja yang akan menuju sekolah ini. Jalan penghubung ini dapat ditempuh dengan semua kendaraan. Selain itu, banyak kendaraan umum yang melintas melalui SMP Negeri 2 Sragi sehingga akses untuk mencapai sekolah tidak terlalu sulit.

c. Tingkat Kebisingan SMP Negeri 2 Sragi berlokasi jauh dari pemukiman penduduk. SMP Negeri 2 Sragi yang berada di kawasan komplek sekolah ini tidak terlalu ramai dengan rutinitas penduduk. Dengan demikian tingkat kebisingan di SMP Negeri 2 Sragi dapat dikatakan rendah. Hal ini juga didukung oleh peraturan sekolah yang mendisiplinkan siswa dengan melarang siswa keluar kelas saat pelajaran sedang berlangsung. Siswa selalu tenang di dalam ruang kelas kecuali ketika waktu istirahat tiba. Bangunan kelas yang tidak dekat dengan jalan raya juga menjadikan suasana belajar mengajar jauh dari suara bising kendaraan yang lewat.

d. Sanitasi Sanitasi di SMP Negeri 2 Sragi dapat dikatakan baik.Hal ini dapat dilihat dari setiap ruang baik ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang Tata Usaha (TU), perpustakaan dan ruang kelas mempunyai ventilasi yang baik. Selain itu, walaupun letak SMP Negeri 2 Sragi dekat dengan jalan raya tetapi tingkat polusi udaranya rendah karena di SMP Negeri 2 Sragi bangunan yang digunakan sebagai kegiatan belajar mengajar berada cukup jauh dari jalan raya. Begitu juga dengan wc/kamar  mandinya, wc/kamar mandi di SMP Negeri 2 Sragi dapat  dikatakan  layak.  Hal ini dapat dilihat dari keadaan wc/kamar mandinya bersih, air mengalir, dan saluran pembuangan yang lancar. Dari beberapa hal tersebut, maka SMP Negeri 2 Sragi memiliki sanitasi yang baik.

e. Masyarakat sekitar Masyarakat sekitar SMP Negeri 2 Sragi cukup sepi. Hal
ini dikarenakan letak sekolah yang berada di kawasan komplek sekolah dan perkantoran serta jauh dari pemukiman penduduk.

f. Penggunaan Sekolah Bangunan dan semua fasilitas yang tersedia di SMP Negeri 2 Sragi hanya digunakan oleh SMP Negeri 2 Sragi itu sendiri sebagai tempat belajar mengajar. Namun, pada malam hari gedung serbaguna disewakan untuk masyarakat umum.
Pembagian jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMP Negeri 2 Sragi antara hari biasa dengan hari puasa berbeda. Adapun rincian pembagian jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) disertakan dalam lampiran.
 g. Keadaan Guru dan Siswa
Jumlah guru SMP N 2 Sragi adalah 41 orang,dan staff TU ada 17 orang serta jumlah siswa ada 830 orang.

h. Interaksi Sosial
Interaksi sosial merupakan hal yang penting dan mendasar yang harus dilakukan dalam lingkungan sekolah serta harus dijaga. Keberhasilan belajar mengajar serta program-program di sekolah juga ditentukan oleh komunikasi serta interaksi warga sekolahnya. Untuk mendukung tercapainya tujuan dari kegiatan sekolah dan membuat nyaman semua warga SMP N 2 Sragi, maka  hubungan interaksi antar warga sekolah dijalin dengan baik.

BAB III
METODE PELAKSANAAN KEGIATAN

Metode Pelaksanaan
Kegiatan Penyuluhan hukum menggunakan metode ceramah serta dengan adanya moderator dapat terjadinya Dialog Hukum penyuluhan secara langsung  pengamatan proses pembelajaran di dalam kelas serta melalui analisis dokumen-dokumen dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan laporan.Adapun materinya adalah sebagai berikut:
No
Materi
Pembicara
1
Pengaturan Undang-Undang Anti Narkoba Dalam Hukum Positif
Agus Dwi Indra S
2
Factor Penyebabkan Anak Penyalahgunaan Narkoba
Bayu Duta P
3
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan narkoba di kalangan Siswa SMP
Nunung Sri N


BAB IV
PELAKSANAAN KEGIATAN

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Sosialisasi atau Penyuluhan Pendidikan Anti Narkoba Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sragi dilaksanakan dari:

Waktu Pelaksanaan     : Rabu,21 Mei 2014
:Pukul 08.00 – selesai
Lokasi Pelaksannan     :Sekolah Menengah Pertama Negeri  2 Sragi.
Peserta
- Kegiatan ini Peserta Siswa SMP N 2 Sragi
- Jumlah Peserta 33 Siswa
Tahapan Jadwal Pelaksanaan         :
No
Kegiatan
Tangal Pelaksanaan di Bulan Mei
Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
1
Pembuatan Usulan




2
Perizinan




3
Sosialisasi Kegiatan




4
Penyuluhan




5
Pembuatan Laporan





Intrumen Pelaksanaan
Dilaksanakan dalam salah satu ruang kelas milik SMP N 2 Sragi dipaparkan oleh para tim BHM fakultas hukum dengan penyampaian materi sebagai berikut:
No
Materi
Pembicara
1
Pengaturan Undang-Undang Anti Narkoba Dalam Hukum Positif
Agus Dwi Indra S
2
Factor Penyebabkan Anak Penyalahgunaan Narkoba
Bayu Duta P
3
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan narkoba di kalangan Siswa SMP
Nunung Sri N
Di sampaikan menggunakan media LCD segai monitor untuk siswa dan di ikuti oleh siswa SMP N 2 Sragi .
Waktu
Materi
Penanggung Jawab
08.00-08.15
Pembukaan
Dhanni Chandra P
08.15-08.30
Sambutan
Kepala sekolah
08.30-09.15
Penyuluhan
TIM BHM
09.15-09.30
Sesi Tanya jawab
TIM BHM
09.30
penutup
TIM BHM


 Biaya Kegiatan
            Adapun Anggaran dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
No
Nama Barang
Harga
Unit
Jumlah
1
Konsumsi
4000
63
252.000


3000
34
102.000

Aqua mini
1500
6
9000
2
Kesektariatan


150.000
3
Perlengkapan




MMT
80.000
(4mx1m)x1
80.000

Plakat
80.000
1
80.000

Jumlah


Rp  673.000,-






BAB V
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil Kegiatan

1.      Makalah tentang peraturan Perundang-undangan
Ketentuan Pidana
Ketentuan Pidana UU No 22 Thn 1997 tentang Narkotika terdapat didalam Pasal 78 sampai dengan Pasal 104 yang mengatur tentang pelarangan, peredaran dan penggunaannya yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan
 (1)        Barang siapa tanpa hak dan melawan hukum :
2.      Makalah tentang penyebab terkena narkoba
Penyalahgunaan dalam penggunaan narkoba adalah pemakain obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan dan penelitian serta digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar. Dalam kondisi yang cukup wajar/sesuai dosis yang dianjurkan dalam dunia kedokteran saja maka penggunaan narkoba secara terus-menerus akan mengakibatkan ketergantungan, depedensi, adiksi atau kecanduan.
1.Faktor Diri
2.Faktor Lingkungan
3.Faktor Ketersediaan Narkoba.

3.      Makalah tentang penyelesaian atau antisipasi agar tidak terkena narkoba

                   Banyak yang masih bisa dilakukan untuk mencegah remaja menyalahgunakan narkoba dan membantu remaja yang sudah terjerumus penyalahgunaan narkoba.
1.Primer, sebelum penyalahgunaan terjadi, biasanya dalam bentuk pendidikan,
2.Sekunder, pada saat penggunaan sudah terjadi dan diperlukan upaya
3.Tertier, yaitu upaya untuk merehabilitasi merekayang sudah memakai dan dalam
penyembuhan (treatment). penyebaran informasi mengenai bahaya narkoba, pendekatan melalui keluarga, dll.proses penyembuhan

BAB VI
PENUTUP

A. Kesimpulan
             Dari hasil pelaksanaan kegiatan Penyuluhan Bantuan Hukum Masyarakat mengenai tugas-tugas guru dan staf sekolah lainnya sebagai rangkaian kegiatan observasi dan orientasi kegiatan sekolah, maka penyusun memberikan simpulan antara lain sebagai berikut:
Kegiatan proses pembelajaran dilaksanakan secara terpadu dan  berkesinambungan dengan mengacu pada kurikulum KTSP yang berlaku dengan dukungan sarana belajar yang memadai dan kualitas guru yang kompeten dan profesional.
Guru sebagai pendidik tidak hanya melaksanakan tugas sebagai pengajar tetapi juga melaksanakan tugas yang berkaitan dengan administrasi guru.

B. Saran
Sama halnya dengan sekolah lain, SMP N 2 Sragi menerapkan Kurikulum Tingkat Satua
n Pendidikan (KTSP) yang pada dasarnya merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sekolah hendaknya dapat lebih mempersiapkan diri, khususnya mempersiapkan siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan sistem yang baru ini.  Para guru hendaknya dapat lebih memanfaatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada, khususnya media pembelajaran secara maksimal.Selain itu, hendaknya setiap guru dapat mengembangkan jenis media tertentu agar dapat memberikan stimulus kepada siswa sekaligus membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap mata pelajaran.

Data Lampiran
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Dokumentasi Kegiatan
Kuitansi
Materi
Presensi Kegiatan
Surat Tugas










Post title : Laporan Pertanggung jawaban BHM SMP N 2 sragi
URL post : http://didiklaw.blogspot.com/2014/06/laporan-pertanggung-jawaban-bhm-smp-n-2_6.html

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Posting Komentar